Profil

Bagi masyarakat pendidikan sekolah sangat berperan penting sebagai sarana perubahan. Perubahan tersebut meliputi perubahan intelektual, harkat, martabat dan perubahan akhlak. Kota Semarang merupakan salah satu ibu kota propinsi di Indonesia yang marak dengan aktivitas pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan formal semakin banyak diminati sehingga ikut berkembang pula permasalahan pendidikan yang dirasakan masyarakat. Permasalah yang timbul antara lain peningkatan kualitas intelektual yang diikuti dengan peningkatan kekerasan pada anak, degradasi akhlak, sistem pendidikan yang sering berubah, terputusnya sumber ilmu dan pengembangannya. Semua itu dapat berdampak pada pilihan masyarakat atas bentuk pendidikan formal yang tepat bagi putra-putri mereka.

Yayasan Bakti Ibu telah berdiri di Semarang sejak tahun 1997. Yayasan Bakti Ibu atau biasanya disingkat YBI, memiliki misi untuk pengembangan dakwah dan sosial kemasyarakatan. Yayasan ini telah merancang dan mendirikan Sekolah Islam Terpadu Harapan Bunda yang kemudian berkembang menjadi salah satu lembaga pendidikan favorit dengan prestasi yang membanggakan, mulai dari jenjang pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Pada tahun 2005, SD Islam Terpadu yang dibawahi oleh YBI berhasil meluluskan siswa/siswi angkatan pertama. Saat itu, pionir YBI menganggap perlu adanya jenjang selanjutnya untuk anak-anak yang telah lulus, sehingga  pada tahun yang sama didirikanlah SMP Islam Terpadu Harpan Bunda. Persiapan sekolah jenjang selanjutnya pasca SD Islam Terpadu ini dipandang penting karena banyak muatan pembelajaran yang belum atau tidak ada di sekolah lainnya, sehingga hal tersebut dapat menjadi ciri dan keunggulan Lembaga Pendidikan Harapan Bunda. Mata pelajaran khas (ciri) di lembaga ini adalah tahsin, tahfidz, Bahasa Arab dan mentoring.

Dengan tekad melaksanakan pendidikan yang lebih baik walaupun dalam keterbatasan maka berdirilah SMPIT Harapan Bunda pada tahun 2005. Pada awal pendirian, fasilitas SMPIT Harapan Bunda sangat terbatas. Namun dengan kerja keras dan hanya mengharap Ridho Allah SWT., pada tahun ke-11 ini banyak perubahan yang sudah dilakukan. Semua ini tidak terlepas dari kualitas SDM SMPIT Harapan Bunda yang telah bekerja dengan mengedepankan unsur dakwah di dalamnya.